Alangkah lebih baik anda mempelajari dasar-dasar pemrograman antara lain memahami apa itu :
- Variable
- Array
- Percabangan
- Operator
- Perulangan
- String
- Fungsi (Metode) dan sebagainya
Minimal anda membaca sekilas atau mempraktekannnya terlebih dahulu untuk membuat program console. Namun bagi anda yang ingin langsung membuat program juga tidak masalah, karena pada blog ini akan dijelaskan secara rinci bagaimana program berjalan dengan source code java.
Untuk membuat aplikasi luas segitiga ini, anda wajib mendownload software IDE Netbeans dan pastikan software sudah terinstal di komputer anda yah. Saya tidak akan menuliskan bagaimana cara menginstal IDE Netbeans karena saya yakin anda bisa.
Setelah anda menginstal IDE Netbeans maka selanjutnya adalah anda harus membuat project baru dengan nama : AplikasiLuasSegitiga , anda bisa melihat gambar untuk mempraktikannya.
1. Pilih file - New Project
2. Pilih Java Application
3. Pilih Next lalu buat project dengan nama AplikasiLuasSegitiga
4. Klik finish dan anda sudah membuka jendela baru project AplikasiLuasSegitiga.
5. Sekarang anda klik kanan pada AplikasiLuasSegitiga kemudian pilih Jframe Form
6. Buat Nama LuasSegitiga lalu Finish
7. Maka anda masuk pada halaman design Java Frame. Gunakan label dan Text Field untuk mendesain tampilan aplikasi anda.
Label Field dan Text Field beserta Button anda tinggal dragdrop saja pada panel sebelah kanan.
8. Untuk mempercantik tampilannya pada name field yang berisi JTextField1 dan JTextField 2 di kosongkan saja, caranya tinggal klik kanan - edit text dan hapus. Sehingga tampilan menjadi seperti ini.
9. Selanjutnya saatnya kita merubah variable nama agar dapat kita akses pada code java. Cara mengubah variable name cukup dengan klik kanan pilih change variable name. Nah yang dirubah variable namenya adalah. TextField untuk Alas, Tinggi dan Label Luasnya. Simak gambar berikut.
Pada textfield alas ganti variable name menjadi = txtAlas
Pada tetxtfielad tinggi gantivariable name menjadi = txtTinggi
Pada Label Luasnya ganti variable name menjadi = LblLuas
Pada Button Hitung ganti variable name menjadi = BtnHitung
Khusus untuk label Luasnya klik kanan edit text - delete sehingga tampil seperti berikut.
10. Tampilan aplikasi sudah jadi, saatnya kita merambah ke dunia source codenya. Perhatikan Variable Name yang sudah kita buat agar aplikasi dapat berjalan.
11. Pilih Tab Source untuk masuk kedalam pemrogramman.
12. Dibawah code -> public class LuasSegitiga extends javax.swing.JFrame {
sekarang anda membuat beberapa variable yang digunakan untuk menjalankan program.
Keterangan :
public double alas = variable yang digunakan untuk mendapatkan nilai dari alas segitiga yang kita input dari TextField Alas (TxtAlas) menggunakan tipe variable double agar kita dapat mengolah data bilangan bulat ataupun desimal.
public double tinggi = variable yang digunakan untuk mendapatkan nilai dari tinggi segitiga yang kita input dari TextField Tinggi (TxtTinggi) menggunakan tipe variable double agar kita dapat mengolah data bilangan bulat ataupun desimal.
public double luas = variable yang digunakan untuk mendapatkan nilai dari luas segitiga yang kita dapatkan dari penggunaan rumus luas segitiga menggunakan tipe variable double agar kita dapat mengolah data bilangan bulat ataupun desimal.
public String hasil= variable yang digunakan untuk mengkonversi dari bilangan (angka) ke dalam bentuk text yang akan kita tampilan pada label hasil (LblHasil)
13. Selanjutnya kembali pada tab design, pada button Hitung lakukan klik kanan pilih event - action - action performed.
14. Maka anda akan diarahkan kedalam code untuk menghitung luas segitiga. Perlu kita ketahui bahwa Rumus Luas Segitiga adalah = (alas x tinggi) / 2. Nah dari variable yang sudah kita buat kita akan mengaplikasikannya.
Buat kode menjadi seperti ini.
Keterangan :
alas=Double.parseDouble(txtAlas.getText());
kode diatas menerangkan bahwa kita membuat variable alas menjadi alat penyimpan dari data yang kita input dari txtAlas dengan bertipe Double (Bilangan Bulat/desimal).
tinggi=Double.parseDouble(txtAlas.getText());
kode diatas menerangkan bahwa kita membuat variable tinggi menjadi alat penyimpan dari data yang kita input dari txtTinggi dengan bertipe Double (Bilangan Bulat/desimal).
luas=(alas*tinggi)/2;
Kode ini memasukan rumus luas segitiga.
hasil=Double.toString(luas);
hasil luas kemudian di konvert kedalam bentuk String(text) agar ditampilkan di Lbl Luas
LblLuas.setText(hasil);
Hasil kemudian ditampilkan di LblLuas
15. Setelah selesai menginputkannya masri kita coba jalankan. caranya Klik Kanan LuasSegitiga pilih run File.
16. Dan Aplikasi Berjalan, Silahkan input alas dan tinggi lalu klik Hitung Maka anda akan mendapatkan hasil luas segitiga.
Selesai.
Jika ada kesulitan bisa langsung menggunakan kolom komentar yah. Salam Berbagi.
Ipung Purwono
(Founder of Banyustudio)
0 komentar:
Posting Komentar
Mari budayakan berdiskusi dengan bahasa yang sopan dan lembut. Tingkatkan skill pemrogramman java bersama sama. Salam Sukses